Fungsi dan Fitur Aplikasi Steam Yang di Blokir Kominfo

Untuk bisa memainkan sebuah game, Anda wajib mengunjungi platform untuk mendapatkan game yang diinginkan. Cobalah download aplikasi steam yang sudah banyak dimainkan oleh penggemar game. Anda bisa memainkan game ini di PC maupun laptop.

Apa Itu Aplikasi Steam?

Steam merupakan platform penyedia berbagai macam game original yang bisa Anda nikmati menggunakan PC maupun laptop. Pada aplikasi ini Anda bisa mendownload dan menginstal game sesuai keinginan.

Anda bisa menikmati game yang gratis maupun berbayar yang ada dalam steam. Steam sudah rilis sejak tahun 2003 lalu. Selain itu, platform ini sudah menyediakan jenis game terkenal yang bisa anda download mulai dari:

  • Game GTA V
  • PUBG
  • CS
  • Serta masih banyak game lainnya

Fungsi Steam

Selain berfungsi sebagai platform penyedia aplikasi ini juga digunakan sebagai tempat untuk diskusi bagi para gamers. Melalui platform ini para gamers sering membahas game-game yang mereka mainkan atau sekedar bertukar strategi.

Menggunakan platform Steam untuk merilis sebuah game sangat menguntungkan. Sebab aplikasi ini sudah memiliki banyak pengguna sehingga game baru akan mudah dikenal bahkan di seluruh dunia.

Fitur di Dalam Steam

Anda akan menemukan banyak hal yang menarik pada platform Steam. Apalagi Steam juga mengadakan diskon untuk harga game serta event-event tertentu. Dari segi fitur, Steam memiliki banyak kelebihan.

Simak beberapa kelebihan Steam, antara lain:

Game Library

Fitur pertama yang bisa anda nikmati yaitu library. Fitur ini memang memungkinkan melihat semua game yang sudah Anda beli maupun sudah terpasang pada akun. Tidak hanya itu saja, melainkan fitur ini berfungsi sebagai perekam semua aktivitas anda di dalam game yang sudah pernah dimainkan.

Misalnya saja library akan merekam beberapa hal, yaitu:

  • Achievement
  • Item games
  • Progress
  • Menghitung durasi permainan game Anda

Steam Guard

Selanjutnya, Anda bisa memanfaatkan fitur Guard. Fitur ini merupakan tambahan keamanan yang disisipkan pada aplikasi. Fungsinya yaitu menjaga seluruh data akun pengguna.

Setelah mengaktifkan fitur Steam Guard, maka saat login akun pada perangkat komputer lain wajib melakukan verifikasi terlebih dahulu. Pada saat melakukan verifikasi bisa menggunakan email yang sudah terdaftar.

Jika tidak ada verifikasi dari email yang sudah terdaftar, maka login akun akan ditolak. Hal ini seperti verifikasi 2 langkah yang ada pada aplikasi lainnya.

Sharing Game

Fitur sharing game memungkinkan Anda membagikan game ke library pada akun steam milik teman. Sehingga teman Anda tidak perlu lagi membeli game yang telah dibagikan agar bisa memainkannya.

Namun, untuk menikmati fitur ini memiliki keterbatasan. Anda hanya bisa membagikannya pada 5 akun Steam dan hanya untuk 10 peringkat saja.

Steam Cloud

Anda sudah tidak asing lagi dengan sistem cloud. Fitur steam Cloud pada platform ini berfungsi untuk menyimpan data dari semua penggunanya. Fitur ini sangat penting untuk menyimpan semua progress game yang telah Anda mainkan.

Ini penting terutama untuk game-game yang memiliki story. Sehingga Anda bisa melanjutkan game sebelumnya tanpa harus mengulangi dari awal. Selain itu, akan mudah penggunaannya.

Fitur ini juga lebih aman dari segi penyimpanan data. Progres game yang telah tersimpan pada Cloud bisa Anda bagikan ke teman atau dimainkan lagi ke perangkat lainnya

Tidak heran mengapa banyak orang memilih aplikasi Steam. Hal ini dikarenakan banyak fitur di dalamnya yang membantu para pemain game menemukan surga permainan menarik

Leave a Reply

Your email address will not be published.