Cara Download Google Meet Apk Untuk Laptop dan PC

Ngomong-ngomong membahas Google Meet nih, kamu tahu gak sih aplikasi yang satu ini? Aplikasi Google Meet ini merupakan salah satu aplikasi rapat online populer selain Zoom. Aplikasi Google Meet ini di luncurkan oleh pihak Google LLC pada tahun 2017, jadi sudah agak lama ya dan aplikasi ini populer sejak kehadiran pandemi yang melanda Indonesia dan mengharusnya pelajar belajar di rumah dan pekerja kantoran untuk bekerja dari rumah sehingga aplikasi Google Meet ini berguna.

Google Meet untuk Siswa

Apa itu Google Meet untuk Siswa? Google Meet adalah solusi konferensi video Google yang aman dan mudah digunakan yang dapat diakses sekolah secara gratis melalui Google Workspace for Education. Pendidik menggunakan Meet untuk berkomunikasi dengan anak Anda secara langsung, memfasilitasi pembelajaran jarak jauh, serta mengadakan pertemuan dan konferensi virtual dengan orang tua dan pengasuh.

Keunggulan Google Meet dibandingkan Zoom Meeting

1. Kapasitas Partisipan Google Meet dan Zoom

Kelebihan Google Meet dibandingkan dengan Zoom yaitu pemilik akun Google bisa membuat jadwal video pertemuan berdurasi 60 menit dengan undangan hingga 100 partisipan dengan gratis, tanpa biaya tambahan.

Sedangkan untuk pemilik akun free basic plan Zoom bisa membuat jadwal video pertemuan gratis dengan batas waktu 40 menit Zoom diberlakukan untuk pertemuan dengan 3 atau lebih partisipan saja.

2. Perbandingan pemakaian kuota Internet

Google Meet dan Zoom Meeting sama-sama menyajikan layanan untuk pertemuan virtual, namun kualitas video yang berbeda. Untuk pemakaian kuota Zoom dan Google Meet menunjukkan, data usage atau pemakaian kuota internet pada Zoom lebih tinggi daripada Google Meet. Hal ini karena kualitas video Zoom default lebih tinggi dibandingkan dengan kualitas video Google Meet.

Layanan Zoom memiliki kualitas video HD dengan rasio 16:9 untuk akun profesional, perusahaan, dan edukasi, dan video 720p untuk akun lainnya. Sedangkan Google Meet memberlakukan pengaturan standar kualitas video 320p. Pengaturan ini bisa diubah hingga kualitas HD pada perangkat komputer dengan CPU quad-core atau lebih tinggi. Tetapi, kualitas video Google Meet di smartphone tidak dapat diubah.

3. Fitur perekam video

Ada satu keunggulan Zoom dibandingkan dengan Google Meet yaitu adanya fitur record yang memungkinkan pembuat jadwal pertemuan atau host pertemuan merekam pertemuan virtual yang sedang berlangsung dengan penggunaan gratis.

Pembuat jadwal dapat membagikan link download rekaman tersebut setelah pertemuan selesai. Pembuat jadwal, baik guru, siswa, atau mahasiswa bisa juga mengunggah rekaman tersebut ke Canvas Studio dan membagikannya kepada partisipan di pertemuan Zoom.

4. Batasan Waktu

Google Meet memperpanjang layanan gratis panggilan 24 jam sejak Maret 2021. Layanan Google Meet dengan akun gratis dapat digunakan untuk pertemuan virtual tanpa batasan selama 24 jam dengan jumlah maksimal peserta 100 orang. Keputusan Google ini mengacu pada lonjakan layanan konferensi video selama pandemi dan dapat berubah sewaktu-waktu. Sementara itu, untuk Zoom memberikan layanan gratis panggilan tanpa batas 24 jam untuk dua orang saja.

Kelengkapan Fitur Google Meet

Hasil dari kerjasama dengan Asus telah diluncurkan perangkat keras konferensi video yang dirancang untuk digunakan dengan Google Meet di pengaturan ruang konferensi, yang mencakup PC mini Meet Compute System, serta kamera dan mikrofon khusus. Kemudian Google juga menambahkan fitur Meet Series One, bekerja sama dengan Lenovo, yang mencakup Meet Compute System dengan Edge TPU, Smart Camera, Smart Audio Bar dengan pengurangan noise, dan pilihan remote control atau layar sentuh yang mendukung Google Assistant.

Google Meet sendiri sebenarnya bisa di akses melalui handphone kamu, tapi sering kali kesusahan karena layar handphone yang kecil. Maka dari itu kadang kita membutuhkan layar yang cukup besar seperti laptop dan PC.

Apakah bisa mengakses aplikasi Google Meet melalui laptop dan PC? Nah pada artikel ini akan membahas mengenai cara download Google Meet untuk laptop

Cara Download Google Meet Untuk Laptop

Dengan MEmu

Cara pertama untuk download Google Meet untuk laptop ataupun PC adalah melalui sebuah emulator android yang bernama MEmu, untuk langkah nya bisa simak ulasan berikut ini.

  • Langkah pertama pastikan kamu telah mendownload dan instal aplikasi MEmu nya. Kamu bisa mendownload nya di situs resmi MEmu atau kunjungi link : https://www.memuplay.com/
  • Setelah kamu instal, silahkan buka aplikasi MEmu nya, lalu pilih menu Google Play Store ya.
  • Selanjutnya, kamu harus mencari aplikasi Google Meet pada kolom pencaharian.
  • Jika sudah ketemu, pilih ikon Instal dan tunggulah hingga proses nya selesai.
  • Langkah berikutnya silahkan kamu buka aplikasi Google Meet nya dan kamu langsung bisa menggunakan aplikasi untuk rapat kamu ya.

Dengan Bluestacks

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan Bluestacks. Cara nya hampir mirip dengan MEmu, untuk lebih jelas silahkan simak sampai selesai ya.

  • Sama seperti MEmu, kamu harus mendownload dulu aplikasi Bluestacks di situs resmi nya atau kunjungi link berikut situs Bluestacks
  • Jika sudah terpasang, buka aplikasi nya. Selanjutnya, pada menu Library silahkan akses Google Play Store.
  • Cari Google Meet pada kolom pencaharian Google play store.
  • Klik Instal jika sudah ketemu dan tinggal tunggu hingga proses nya selesai dan setelah itu kamu bisa langsung mengakses Google Meet di laptop atau PC kamu.

Download Google meet Apk

Jabaran di atas kita sudah membahas tentang cara download Google meet untuk laptop atau PC. Nah sekarang kita juga akan membahas tentang cara download Google meet apk , berikut caranya.

  • Pertama-tama buka aplikasi Google play store yang ada di hp kamu ya.
  • Setelah itu, ketikkan “Google Meet” pada kolom pencaharian dan tunggu beberapa saat sampai muncul tampilan aplikasi nya.
  • Klik Instal dan tunggu sampai proses penginstalan selesai. Setelah itu kamu langsung bisa mengadakan atau mengikuti rapat online.

Cara Memakai Aplikasi Google Meet Tanpa Download Aplikasi

Jika di tanya apakah bisa menggunakan aplikasi Google Meet tanpa harus repot-repot download aplikasi nya? Jawabannya tentu pasti bisa, ada dua cara yang dapat di lakukan yaitu:

  1. Melalui Google Chrome

Cara yang pertama adalah dengan melalui Google Chrome. Pastinya aplikasi ini ada di setiap laptop/PC bahkan hp. Kamu bisa mengganti Chrome dengan aplikasi pencaharian yang lain seperti Firefox. Berikut cara memakai aplikasi Google Meet melalui Google Chrome.

  • Langkah pertama buka browser Chrome kamu lalu silahkan buka situs Google Meet.
  • Jika kamu ingin membuat rapat, kamu tinggal klik Rapat Baru atau jika ingin masuk ke ruang rapat silahkan klik Rapat Instan.
  • Kamu bisa aktifkan penggunaan kamera dan mikrofon, lalu pilih Gabung sekarang.
  • Apabila kamu ingin mengundang peserta lainnya, kamu bisa share link dengan kamu pilih menu Salin Info Akses.
  • Kamu bisa tambahkan peserta dengan mengklik menu Tambahkan Orang.
  1. Melalui G-mail

Cara yang kedua ini mungkin masih terdengar asing ya, berikut ulasan tentang cara memakai Google Meet melalui G-mail.

  • Buka browser pada laptop atau PC kamu, kemudian cari Gmail di kolom pencaharian Google.
  • Setelah itu silahkan kamu masuk ke website Gmail nya dan jangan lupa untuk login ke akun kamu ya.
  • Kemudian, pilihlah menu Google Meet yang dapat kamu temukan dengan logo nya di bawah layar web.
  • Setelah itu, kamu bisa membuat rapat dengan mengklik Rapat Baru atau bisa juga masuk ke ruang rapat dengan mengklik Mulai Rapat Instan.
  • Kamu juga bisa mengundang peserta dengan cara klik Bagikan Link Rapat Untuk Di Bagikan dan kamu bisa undang peserta melalui link.

Begitulah untuk cara download Google Meet untuk laptop atau PC, cara download Google Meet di hp serta cara menggunakan Google Meet tanpa download aplikasi. Jadi sudah tahu ya cara-cara serta langkah nya juga. Semoga artikel ini bermanfaat ya.